MODUL FISIKA ELASTISITAS

16 Mei

MODUL
FISIKA SMA KELAS XI IPA
SEMESTER I

SUPARWAN, S.Pd
SMA Negeri 1 Sekampung
Lampung Timur
2012

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam
cakupan mekanika benda titik

Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan

Indikator :
1. Mengidentifikasi karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan ( grafik )
2. Membedakan Modulus Elastisitas dan konstanta gaya
3. Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
4. Menganalisis sususnan pegas seri dan paralel

Materi Pembelajaran : Elastisitas

1. Defenisi Elastisitas
 Ciri-ciri benda elastis dan tak elastis
 Contoh benda elastis ; pegas, karet, tak elastis ; kayu, tanah, plastisin
 Sifat elastisitas dari bahan ; jika gaya yang diberikan pada bahan dihilangkan maka akan kembali ke bentuk semula
 Batas elastisitas dari bahan ; jika gaya yang diberikan pada bahan terlalu besar maka tidak akan kembali ke bentuk semula
 Daerah elastis dan daerah tak elastis ( plastik )
 Manfaat sifat elastisitas pada kehidupan ; terutama pada bidang bangunan (arsitek), jika penggunaan bahan tidak tepat atau batas elastisitasnya rendah akan membahayakan struktur bangunan, kabel-kabel penopang pada jembatan-jembatan besar memiliki batas elastisitas yang cukup besar sehingga mampu menahan beban dan goncangan

2. Tegangan, Regangan dan Modulus Elastisitas
 Tegangan : Besar gaya yang diberikan pada benda berbanding terbalik dengan luas penampangnya, yang dirumuskan ( σ = F/A )
 Regangan : Pertambahan panjang benda berbanding terbalik dengan panjangnya mula-mula, yang dirumuskan ( e = ΔL/L )
 Modulus Elastisitas adalah perbandingan antara tegangan benda dengan regangannya, yang dirumuskan ( E = )
3. Grafik gaya terhadap pertambahan panjang pegas

Gaya (F=Newton) Pertambahan panjang (ΔL dalam cm)
50 gram 2 cm (ΔL1)
100 gram 4 cm (ΔL2)
150 gram 6 cm (ΔL3)

4. Hukum Hooke : Menurut Hooke pertambahan panjang berbanding lurus dengan
gaya yang diberikan pada benda ( F = m .g ; g = percepatan gravitasi)
sehingga
dirumuskan : F ~ ΔL, karena setiap besar gaya selalu diikuti dengan
pertambahan panjang pegas diikuti juga dengan variabel yang
mempengaruhinya
yang disebut dengan konstanta ( k ) maka rumus diatas menjadi :

5. Untuk setiap gaya yang diberikan pada pegas membuat pegas bertambah,
maka nilai k dapat dibandingkan yaitu :
F1 = k1 . ΔL1
F2 = k2 . ΔL2
F3 = k3 . ΔL3
Ternyata nilai k tetap ( konstan)

6. Membandingkan besar konstanta pegas dan konstanta karet gelang dilaksanakan dengan praktikum ( LKS terlampir )

7. Pada pegas mempunyai energi potensial yaitu energi yang dipunyai benda karena kedudukannya, atau disebut juga energi potensial pegas yang besarnya digambar grafik ( no.3 ) dengan daerah yang diarsir yaitu bangun berbentuk segitiga.
Luas segita sama dengan besar energi potensialnya, sehingga dirumuskan :
Luas Δ = EP
½ a.t = EP
½ ΔL . F = EP
½ ΔL ( k . ΔL ) → jadi dirumuskan :

8. Untuk susunan pegas seri, paralel, gabungan seri dan paralel maka besar konstantanya dapat dirumuskan yaitu :

Seri Paralel Gabungan Seri & Paralel

Seri : + + ………

Paralel : kp = k1 + k2 + ……..

Gabungan : ktotal = kp + k3

Contoh beberapa pegas yang dilengkapi dengan beban gantung :

LEMBAR DISKUSI SISWA

ELASTISITAS

Jika kamu menarik sebuah pegas, maka pegas akan berubah bentuk yaitu makin panjang, ketika tarikan pada pegas kamu lepaskan, pegas akan kembali kebentuk awalnya, juga jika kamu memperhatikan anak-anak yang bermain ketapel, menaruh batu kecil pada karet ketapel, saat karet ditarik maka karet akan memanjang lalu dilepaskan, batu akan terlontar kedepan dan karet akan kembali kebentuk semula. Pegas dan karet adalah contoh dari benda elastis, bandingkan dengan tanah liat, jika kamu melempar segumpal tanah liat ke tembok saat tanah liat menempel apakah tanah liat kembali ke tanganmu…?
Untuk membahas tentang elastisitas akan kita pelajari melalui LDS ini.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dalam diskusi kelompok atau diskusi kelas berdasarkan buku sumber !

1. Amatilah benda-benda yang berada dilingkunganmu, coba daftar sebanyak mungkin mana benda elatis dan mana benda tak elastis

2. Dengan menggunakan beberapa beban m, pegas dan mistar, rancanglah sebuah percobaan untuk dapat mengukur (menentukan) tetapan pegas dari sebuah pegas.

3. Tabel di bawah ini menunjukkan pembacaan skala pada percobaan menarik sebuah pegas.

Beban (N) 0 1 2 3 4 5 6
Panjang ( mm ) 40 49 58 67 76 88 110
Pertambahan Panjang ( mm ) …… ……. ……. ……. ……… ……… …….

a. lengkapilah tabel tersebut
b. berapa panjang pegas mula-mula……?
c. buatlah grafik pertambahan panjang pegas terhadap beban

4. Siapkanlah sebuah karet gelang, ukurlah tetapan gayanya dengan
menggunakan rumus : k = , dengan Δx adalah perpanjangan karet
gelang ketika ujungnya digantungkan sebuah beban secara vertikal yang
bermassa m, perkirakan energi potensial maksimum yang dapat disimpan oleh
karet gelang tersebut …!

5. Empat buah pegas identik dengan konstanta gaya k, disusun seperti gambar dan
diberi beban bermassa m. Hitunglah pertambahan panjang untuk susunan
pegas itu dan nyatakan dalam m, g, dan k.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG
STATUS TERAKREDITASI : B
NSS : 301120403011 NIS : 300110 NPSN: 10806079
Alamat : Hargomulyo Kec. Sekampung Kab. Lampung Timur Kode Pos 34182

SOAL – SOAL :
A. Lingkarilah jawaban yang benar dibawah ini !

1. Suatu benda jika ditarik pada keadaan tertentu, dan kemudian gayanya dilepas, dan benda tersebut memiliki sifat tidak kembali kebentuk semula. Sifat seperti ini disebut sifat ……
b. Kekerasan d. Elastik
c. Kekuatan e. Tak elastik
d. Regangan

2. Menurut Hukum Hooke, pertambahan panjang suatu batang yang ditarik oleh suatu gaya …….
a. Berbanding lurus dengan besar gaya tarik.
b. Berbanding lurus dengan luas penampang batang
c. Berbanding terbalik dengan modulus Young batang tersebut
d. Berbanding terbalik dengan panjang mula-mula.
e. Berbanding lurus dengan panjang mula-mula.

3. Sebuah batang yang panjang mula-mulanya L ditarik ditarik dengan gaya F. jika luas penampang batang A dan modulus elastik batang tersebut E, maka rumus pertambahan panjangnya adalah ……..
a. E A d. F A .
F L E L

b. E A L e. F L A .
F E

c. F L
E A

4. Sebuah pegas panjangnya l0, luas penampang A, dan modulus Young-nya E. maka, besarnya konstanta gaya pegas (k) yang dimiliki oleh pegas tersebut adalah …….
a. E A d. E .
l0 A l0

b. A l0 e. A .
E E l0

b. E l0
A

5. Sebuah batang elastik panjangnya 4 m dan luas penampang 1,5 cm2. Ketika batang tersebut digantungi beban 330 kg ternyata merenggang 0,7 mm. Besarnya modulus Young bahan batang tersebut adalah …….
a. 1,23 x 1011 N/m2
b. 1,50 x 1011 N/m2
c. 3,30 x 1011 N/m2
d. 4,32 x 1011 N/m2
e. 5,25 x 1011 N/m2

6. Sebuah logam mempunyai modulus Young 4 x 106 N/m2, luas penampangnya 20 cm2 dan panjangnya adalah 5 meter. Konstanta gaya dari logam tersebut adalah …
a. 400 N/m d. 3200 N/m
a. 800 N/m e. 6400 N/m
b. 1600 N/m

7. Besarnya tegangan yang dilakukan pada sebuah batang adalah 2 x 106 N/m2. Jika panjang batang adalah 4 meter dan modulus elastisitasnya 2,5x 108 N/m2, maka pertambahan panjang batang adalah ……
a. 0,8 cm d. 5,0 cm
b. 1,6 cm e. 6,4 cm
c. 3,2 cm

8. Dua pegas identik dengan konstanta gaya 400 N/m. Kedua pegas tersebut diparalelkan. Tentukan besarnya gaya yang dibutuhkan untuk menarik pegas sehingga bertambah panjang 5 cm !
a. 20 N d. 120 N
b. 40 N e. 160 N
c. 80 N

9. Empat buah pegas masing-masing dengan konstanta gaya k disusun secara paralel. Konstanta gaya susunan pegas tersebut adalah ………
a. k d. 2 k
b. e. 4 k
c. k

10. Dua pegas masing-masing memiliki konstanta 200 N/m dan 600 N/m disusun seri dan diberi beban 40 N. Pertambahan panjang susunan pegas itu adalah….
a. 25,5 cm d. 28,4 cm
b. 26,7 cm e. 29,8 cm
c. 27,3 cm

ESSAY

1. a. Seutas karet yang memiliki ukuran luas penampang 1,2 mm x 0,25 mm ditarik
oleh sebuah gaya 1,5 N. Berapakah tegangan pada karet ?
b. Seutas karet memiliki panjang awal 90 mm, lalu ditarik sampai panjangnya
menjadi 120 mm. Berapakah regangan karet ?

2. Seutas kawat piano dari baja memiliki panjang 1,50 m dan diameter 0,20 cm. Berapa besar gaya tegangan pada kawat itu jika kawat memanjang 0,30 cm ketika dikencangkan ? (modulus elastis baja adalah 2,0 x 1011 N/m2).

3. Untuk keamanan dalam mendaki, seorang pendaki gunung menggunakan sebuah tali nilon dengan panjang 50 m dan garis tengahnya 1,0 cm. Ketika penopang pendaki yang bermassa 80 kg, tali bertambah panjang 1,6 m. Tentukan modulus elastisitas nilon. (ambil =3,15 dan g = 9,86 m/s2).

4. Sebuah pegas bertambah panjang 4 cm ketika ditarik oleh gaya 12 N.
a. Berapakah pertambahan panjang pegas jika ditarik oleh gaya 6 N ?
b. Berapakah gaya tarik yang perlu dikerjakan untuk merenggangkan pegas sejauh 3 cm ?

5. Sebuah pegas vertikal dengan panjang tanpa beban 30 cm, diikat pada ujung atasnya. Ketika benda bermassa 100 g diletakkan diatas suatu wadah yang digantung pada ujung bawah pegas, panjang pegas menjadi 36 cm. Ketika benda bermassa 200 g diletakkan di atas wadah, panjang pegas menjadi 40 cm, Hitunglah massa wadah itu.

KUNCI JAWABAN :

A. PILIHAN GANDA

1. E 6. C
2. A 7. C
3. A 8. B
4. A 9. E
5. A 10. B
B. ESSAY

1. (a) A = (1,2 x 10-3)(0,25 x 10-3) m2 = (0,25 x 10-7) m2; F = 1,5 N
σ = 0,5 x 107 N/m2 = 5 x 106 N/m2
(b) Lo = 90 mm; L = 120 mm; e =

2. D = 0,20 cm = 2 x 10-3 m; r = 1 x 10-3 m; F = …?
ΔL = 0,30 cm = 3,0 x 10-3 m; E = 2,0 x 1011 N/m2
;

F = 4π(1,0 x 10-3)2(2,0 x 10-3)(2,0 x 1011) = 16π x 102 N
= 4 (3,14) 102 = 5024 N

3. L = 50 m; D = 1,0 x 10-2 m → r = 0,5 x 10-2 m = 5 x 10-3 m;
m = 80 kg; F = mg; ΔL = 1,6 m; E = …?
π = 3,14; g = 9,86 m/s2;

N/m2

4. Diketahui :
F1 = 12 N ; Δx1 = 4 cm
K = F1/ Δx1 = 12 / 4 = 3 N/cm
a. Gaya F2 = 6 N Δx2 = ……….?
F2 = k . Δx2 …….. Δx2 = F2 / k
= 6 / 3
= 2 cm

b. Pertambahan panjang Δx3 = 3 cm…….F = …..?
F = k . Δx
= 3 . 3
= 9 N

5. F1 – m1g = k Δy1
(0,1 + m)g = k Δy1 ……………………………(1)
Δy2 = 40 – 30 = 10 cm = 10 x 10-2 m
F2 – m2g = k Δy2
(0,2 + m)g = k Δy2 ……………………………(2)
; m = kg = 50 g
Jadi, massa wadah adalah 50 g.

PETUNJUK GURU
FISIKA SMA KELAS XI IPA
SEMESTER I

Suparwan, S.Pd
SMA Negeri 1 Sekampung
Lampung Timur
2012

Untuk lebih memudahkan dalam melaksanakan pembelajaran materi Elastisitas ikutilah petunjuk guru dibawah ini :

1. Perlu disadari bahwa pengetahuan tentang sifat elastisitas pada benda dan manfaatnya dalam kehidupan manusia adalah sangat penting untuk diketahui, terutama didalam bidang bangunan (arsitektur) , hal ini dapat digunakan untuk membangkitkan motivasi siswa.
2. Perhatikan penggunaan waktu seperti dalam RPP agar efektif dan berhasil
3. Jangan lupa untuk mengambil nilai selama pembelajaran
4. Bukalah pembelajaran dengan memotivasi siswa tentang benda-benda elastis dan tak elastis yang ada dilingkungan sekolah
5. Buatlah kelompok siswa dan bagilah LDS
6. Tanyakanlah kepada siswa tentang Judul dan tujuan diskusi
7. Berikan tanggung jawab per kelompok untuk menjawab nomor-nomor tertentu
8. Bimbinglah kepada setiap kelompok dalam menjawab pertanyaan LDS
9. Berikanlah kesempatan anggota kelompok untuk mencari jawaban nomor yang bukan tanggung jawabnya pada kelompok lain
10. Hentikan diskusi kelompok, dan bimbing siswa dalam diskusi kelas
11. Berikan kesempatan masing-masing kelompok untuk menjawab pertanyaan yang menjadi tanggung jawabnya serta kelompok lain memberi tanggapan
12. Luruskan setiap jawaban siswa sesuai dengan konsep
13. Bimbinglah siswa membuat kesimpulan
14. Berilah kesempatan siswa untuk bertanya
15. Ujilah pemahaman siswa dengan menjawab soal
16. Koreksi bersama hasil tes dan berikan komentar
17. Jelaskan kembali bagian materi yang belum dipahami
18. Ulangi tes bagi yang belum mencapai nilai 80
19. Berikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang benda elastis dan bagaimana menentukan sifat serta batas elastisitasnya melalui percobaan
20. Tutuplah pembelajaran

SELAMAT BEKERJA

PETUNJUK SISWA
FISIKA SMA KELAS XI IPA
SEMESTER I

Suparwan, S.Pd
SMA Negeri 1 Sekampung
Lampung Timur
2012

Untuk lebih mudah memahami Elastisitas, perhatikan dan ikutilah petunjuk siswa sebagai berikut :

1. Perhatikan pertanyaan gurumu dan berusahalah menjawab berdasarkan pengalamanmu.
2. Perbesar rasa ingin tahumu tentang Elastisitas, sifat, batas dan manfaatnya dalam kehidupan
3. Perhatikan Judul dan Tujuan yang akan dicapai dalam
pembelajaran ini

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya
dalam cakupan mekanika benda titik

Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis pengaruh gaya pada sifat
elastisitas bahan

Indikator :
1. Mengidentifikasi karakteristik gaya pada benda elastis
berdasarkan data percobaan ( grafik )

2. Membedakan Modulus Elastisitas dan konstanta gaya
3. Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data
pengamatan
4 Menganalisis sususnan pegas seri dan paralel

4. Bacalah materi elastisitas dalam bahan ajar elastisitas atau buku referensi lain
5. Jawablah pertanyaan – pertanyaan dalam Lembar Diskusi Siswa
dengan kawan-kawanmu dalam satu kelompok
6. Pastikan benar jawabmu dengan jawaban kelompok lain dalam
diskusi kelas

7. Perhatikan penjelasan gurumu
8. Buatlah kesimpulan tentang pembelajaran elastisitas dengan bimbingan
gurumu
9. Jawablah pertanyaan dalam soal elastisitas, tanpa melihat kunci jawaban
10. Koreksi jawabanmu dengan kunci jawaban, apabila belum
mencapai nilai 80 ulangi mengerjakan soal serta koreksi kembali
sampai berhasil.
11. Carilah informasi tentang benda elastis dan bagaimana menentukan sifat serta
batas elastisitasnya melalui percobaan

SELAMAT BELAJAR

PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG
STATUS TERAKREDITASI : B
NSS : 301120403011 NIS : 300110 NPSN:10806079
Alamat : Hargomulyo Kec. Sekampung Kab. Lampung Timur Kode Pos 34182

LKS

JUDUL : Hukum Hooke dan Elastisitas

TUJUAN : Siswa dapat menentukan besar konstanta
gaya benda elastis melalui interpretasi grafik

DASAR TEORI : Hubungan linier antara gaya dengan pertambahan
panjang, menurut Hooke tidak hanya berlaku untuk benda padat
saja tetapi juga berlaku untuk benda-benda elastis. Contoh
benda elastis adalah pegas, karet, dan lain-lain.

Hooke menuliskan rumusnya sebagai :

Dengan : F = gaya (N)
k = konstanta gaya (N/m)
x = pertambahan panjang (m)

ALAT DAN BAHAN : Pegas 1 buah
Karet gelang 1 buah
Beban (50 gr) 4 buah
Penjepit 1 buah
Mistar 30 cm 1 buah
Statif 1 set
Kertas grafik

SKEMA/ GAMBAR :

LANGKAH KERJA

a. Gantungkan 1 beban (w) = 0,5 N pada pegas sebagai gaya awal (Fo).

b. Ukur panjang awal (lo) pegas dan catat hasilnya pada tabel di bawah.

c. Tambahkan 1 beban dan ukur kembali panjang pegas (l). Catat hasil pengamatan ke dalam tabel.

d. Ulangi langkah c dengan setiap kali menambah 1 beban untuk melengkapi tabel di bawah.

e. Ulangi langkah a s.d. d untuk bahan karet gelang

DATA HASIL PENGAMATAN :

f. Catat hasil pengamatan pada tabel berikut dan selesaikan isian lainnya.

Bahan : Pegas
lo = ……… m Fo¬ = ……… N

No w (N) F = w – Fo (N) l (m)  l = l – lo (m)

1

2

3

4

0,5

1,0

1,5

2,0

Bahan : Karet gelang
lo = ……… m Fo¬ = ……… N

No w (N) F = w – Fo (N) l (m)  l = l – lo (m)

1

2

3

4

0,5

1,0

1,5

2,0

g. Gambarkan grafik penambahan gaya (sumbu-y) dan pertambahan panjang (sumbu-x) untuk masing-masing bahan pada kertas grafik.

PERTANYAAN
:
h. Berdasarkan grafik hasil percobaan, bagaimana hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang?

i. Tuliskan besar tetapan elastisitas masing-masing bahan!

j. Bandingkan tetapan elastisitas kedua bahan tersebut!

KESIMPULAN :
Buatlah kesimpulan dari percobaan yang anda lakukan!

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1 (satu)
Pertemuan Ke- : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik.
Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan.
Indikator : – Mengidentifikasi karekteristik gaya pada benda elastis
berdasarkan data percobaan
– Membedakan modulus elastisitas dan konstanta gaya
– Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data
pengamatan
– Menganalisis susunan pegas seri dan paralel

I. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat menjelaskan pengetian elastisitas.
- Siswa dapat mengaplikasikan elastisitas bahan pada kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat merumuskan tetapan elastisitas dan kostanta gaya
- Siswa dapat membandingkan tetapan gaya melalui pengamatan
- Siswa dapat menganalisis susunan pegas ser dan paralel

II. Materi Ajar
Elastisitas dan Hukum Hooke

III. Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran

– Model Pembelajaran
Cooperative learning, konstruktive, interaktif
– Metode Pembelajaran
Eksperimen, Diskusi-informasi, Ekspositori, Discoveri-inkuiri, Resitasi (tugas)
– Pendekatan Pembelajaran
Ketrampilan proses (sikap), konsep dan lingkungan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran (Tatap Muka )

Kegiatan Awal ( 10’ )
Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan tanya jawab tentang elastisitas suatu benda.

Kegiatan Inti ( 75’ )

- Guru memberikan informasi mengenai pengertian elastisitas suatu benda.
(Kegiatan Terstruktur = Ekspositori)

- Siswa melakukan pengamatan dan demonstrasi untuk menunjukkan sifat
elastisitas suatu bahan. (Kegiatan Terstruktur = Discoveri-inkuiri)

- Siswa melakukan diskusi kelas yang dipimpin oleh salah satu siswa untuk
menunjukkan benda bersifat elastis dan tak elastis.
(Kegiatan Terstruktur = Discoveri-inkuiri)

- Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang
berkaitan dengan elastisitas. (Kegiatan Terstruktur = Discoveri-inkuiri)

- Guru memberikan informasi yang diikuti dengan tanya jawab untuk
menjelaskan pengertian tegangan dan regangan. (Kegiatan Terstruktur =
Ekspositori)

- Guru memberikan informasi yang diikuti tanya jawab untuk menjelaskan
pengertian modulus elastisitas dan merumuskannya.
(Kegiatan Terstruktur = Ekspositori)

- Guru memberikan informasi dan merumuskan hubungan pertambahan
panjang pegas x dengan gaya F (hukum Hooke).
(Kegiatan Terstruktur = Ekspositori)

- Siswa melakukan praktikum untuk menentukan besar konstanta pada
pegas dan karet gelang (Kegiatan Terstruktur = Discoveri-inkuiri)

- Guru memberikan informasi yang diikuti dengan tanya jawab untuk
menjelaskan susunan pegas seri, paralel dan gabungan keduanya
(Kegiatan Terstruktur = Ekspositori)

- Siswa membahas soal-soal mengenai susunan pegas pada buku sumber
dengan dibimbing oleh guru (Kegiatan Terstruktur = Discoveri inkuiri dan
Ekspositori)

Kegiatan Akhir ( 5’ )

Guru mengarahkan kepada siswa untuk menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi Elastisitas dan hukum Hooke. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah baik secara mandiri maupun kelompok dan mengarahkan siswa untuk belajar materi berikutnya.
(Tugas Mandiri Terstruktur dan Tak Terstruktur)

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat/Bahan : Pegas, karet gelang, beban (50 gr), penjepit, mistar, statif
Sumber : - Buku Fisika SMA 2A (Marthen Kanginan-Erlangga)
– Buku Fisika SMA XI (Goris,Stephanus,Yohanes-Grasindo)
– Kajian Konsep Fisika 2 (M.Farchani,Dwi Sabdo-Tiga
Serangkai)
– Buku Fisika SMA XI (Bob Foster-Erlangga)
– E-dukasi Net
Sarana/Media : Ruang belajar, Lab Komputer, Perpustakaan Sekolah, Lab Fisika

VI. Penilaian
A. Aspek yang dinilai
Kognitif : Mengingatkan kembali tentang benda elastis dan tak
elastis
Psikomotor : Menggali informasi, mengolah informasi, melaksanakan
informasi, melakukan perhitungan dan diskusi kelompok
Afektif : Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya-jawab,
kinerja ketrampilan dalam peragaan dan percobaan serta
sikap
B. Jenis Tagihan : Ulangan harian, laporan praktikum, tugas individu
C. Bentuk Tagihan : Tes tertulis, penilaian sikap

Sekampung, Juli 2011

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Fisika

Drs. BUDI RAHAYU, M.MPd SUPARWAN, S.Pd
NIP. 196411101991031015 NIP. 197004201999031004

PENDAHULUAN

1. Ruang Lingkup Modul

Modul ini berisikan tentang materi pembelajaran mengenai pokok bahasan

elastisitas yang mencakup difinisi elastisitas, tegangan, regangan, modulus

elastisitas, grafik gaya terhadap pertambahan panjang pegas, hukum Hooke,

konstanta pegas, energi potensial pegas, serta dilengkapi dengan lembar diskusi

siswa.

Modul ini bertujuan untuk mempermudah baik pendidik maupun peserta didik

dalam mempelajari tentang elastisitas.

Modul ini juga memberikan cara-cara yang lebih praktis dan lebih singkat dalam

kita memahami elastisitas karena dilengkapi dengan lembar dikusi serta soal-soal

yang berkaitan dengan elastisitas.

2. Prasyarat

Sebelum mempelajari modul lebih lanjut guru serta siswa harus membaca serta

mempelajari petunjuk penggunaan modul bagi guru dan bagi siswa.

Selanjutnya dapat membedakan sifat-sifat dari beberapa benda baik padat, solid

atau yang lainnya.

RANGKUMAN

 Sifat elastisitas dari bahan ; jika gaya yang diberikan pada bahan dihilangkan maka akan kembali ke bentuk semula

 Tegangan : Besar gaya yang diberikan pada benda berbanding terbalik dengan luas penampangnya, yang dirumuskan ( σ = F/A )
 Regangan : Pertambahan panjang benda berbanding terbalik dengan panjangnya mula-mula, yang dirumuskan ( e = ΔL/L )
 Modulus Elastisitas adalah perbandingan antara tegangan benda dengan regangannya, yang dirumuskan ( E = )
 Hukum Hooke : Menurut Hooke pertambahan panjang berbanding lurus dengan
gaya yang diberikan pada benda ( F = m .g ; g = percepatan gravitasi)
sehingga dirumuskan : F ~ ΔL, karena setiap besar gaya selalu diikuti dengan
pertambahan panjang pegas diikuti juga dengan variabel yang mempengaruhinya
yang disebut dengan konstanta ( k ) maka rumus diatas menjadi :

- Untuk susunan pegas seri, paralel, gabungan seri dan paralel maka besar konstantanya dapat dirumuskan yaitu :

Seri : + + ………

Paralel : kp = k1 + k2 + ……..

Gabungan : ktotal = kp + k3

DAFTAR PUSTAKA

1. Bob Foster, 2007, Fisika SMA XI, Erlangga. Jakarta
2. Goris Stefanus Yohanes, 2004, Fisika SMA XI, Grasindo
3. Marten Kanginan, 2004, Fisika SMA 2A, Erlangga. Jakarta
4. M.Farhani, 2007, Kajian Konsep Fisika 2, Tiga Serangkai

SENARAI

ELASTIS = lentur
ELASTISITAS =kelenturan
SERI =deret
PARALEL=sejajar
KONSTANTA=ketetapan

DAFTAR ISI

PENDAHULUAN ……………………………………………………………………. 1

PETUNJUK SISWA ………………………………………………………………….. 2

PETUNJUK GURU ……………………………………………… ………………….. 5

URAIAN MATERI ……………………………………………………………… … 10

LEMBAR DISKUSI SISWA ……………………………………………….……… 13

LKS ………………………………………………………………………… ………. 15

SOAL-SOAL ………………………………………………………………………… 18

KUNCI JAWABAN ……………………………………………………………….… 21

RANGKUMAN ……………………………………………………………………… 23

SENARAI …………………………………………………………………………… 24

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………… 25

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: